mari berbagi pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua...

Rabu, 08 September 2010

Kipas angin berputar lambat / pelan-pelan

Apakah anda memiliki masalah dengan kipas angin anda yang berputar lambat/pelan-pelan, dan kadang-kadang sampai tidak mau berputar sama sekali???

Dulu saya juga memiliki masalah seperti itu, tapi jangan buru-buru dibawa ke bengkel elektronik. Bisa-bisa anda bayar banyak, padahal penyebab rusaknya hanya sepele.



Berdasarkan dari masalah yang saya alami, saya coba-coba untuk membongkar kipas angin saya, saya bersihkan debu-debu yang menempel, dan tertempel ada diagram jalur elektroniknya.

Setelah saya telusuri, bagian yang paling berpengaruh penyebab kerusakan itu saya tebak adalah kapasitornya, karena di diagram kapasitor tersebut terhubung dengan 2 buah kabel berwarna cokelat dan merah yang menghubungkannya dengan motor penggerak. Setelah saya cabut kapasitor berwarna hitam berbentuk kubus, kemudian carikan di sparepart toko elektronik dengan daya yang sama tercantum pada sisi kapasitor. Ternyata harganya cuma 4000 an rupiah saja. Alhasil setelah saya coba pasang yang baru, kipas angin saya berputar kenceng seperti dulu waktu masih baru. hehehe....untung saja kipas anginnya nggak saya bawa ke bengkel elektronik, bisa kena mahal, padahal rusaknya nggak seberapa, cuman 4000 an, bisa muter lagi deh....kwakakkaa

15 komentar:

  1. salut sekali, seorang building engineer juga mengerti mengenai kipas angin.......lain kali kayaknya bisa tentang mesin molen/readymix......sukses terus.....

    BalasHapus
  2. terima kasih uda koment bro...
    berdasarkan dari pengalaman aja,,,hehehe
    dengan mas Candra berkomentar, saya menjadi punya inspirasi untuk belajar lagi, dan bisa ngepost yang bermanfaat bagi semuanya...lain kali saya akan mengulas tentang mesin molen itu....

    BalasHapus
  3. wah mantap. klau sudah tidak ada tanda2 hidup, apa ganti kapasitor juga membantu??

    BalasHapus
  4. Mantap bos, gw udah nyoba trik ente, hasilnya kipas angin ane kenceng lagi... Tks triknya

    BalasHapus
  5. mantap gan..
    kipas aku jadi kenceng lagi

    #promosi
    kunjungi juga ya blog saya :)
    di http://www.rizkyrentalmobil.blogspot.com/
    terimakasih

    BalasHapus
  6. bagaimana klo memakai kapasito yg daya nya lebih besar dari std contoh 230v ac kemudian dipakai 400v ac.. efek nya apa pada kipas angin. oya fungsi kapasitor apa ya?

    BalasHapus
  7. saya lagi punya masalah yang sama ni gan, gua mau action dulu ya, thanks gan mudah2an berhasil

    BalasHapus
  8. bener tu gan. mampir dong di blog ane banyak kok ilmu yang dishare tentang alat listrik rumah tangga. ini dia pintarbengkel.blogspot.com

    BalasHapus
  9. itu kan masalah yang paling mudah. klu dah diganti kapasitornya tetap lambat muternya gimana coba? kan ada juga bearing kipasnya yang mau diganti.

    BalasHapus
  10. thanks,,,gue coba berhsl juga,,,aman gak jg beli baru nihhh.

    BalasHapus
  11. Posting baguss..
    ADA INFO BAIK NIIHH

    Cara Mudah Daftar PPOB atau buka Usaha Loket Pembayaran Online Terlengkap Se-Indonesia:

    CUKUP SMSKAN ke 081703357075:

    DAFTAR*NOHP*NAMA*ALAMAT LENGKAP*EMAIL*Tipe

    Anda akan mendapatkan ID dan PIN (harap disimpan) dan NOHP tersebut jangan sampai hilang.

    Kemudian melakukan pembayaran sesuai tipe di bawah ini, Berikut kami perjelas tentang tipe loket.
    Anda diberikan kemudahan untuk mempunyai Usaha pembayaran Online dengan biaya pendafaran Murah dan Mudah sekali.


    Tipe 1: Rp. 350.000
    Anda mendapatkan:
    - CD Program Aplikasi Loket+ Panduan
    - Banner
    - Brosur-brosur untuk marketing
    - Security Dongel untuk pengaman loket Anda (berupa hardware seukuran Flashdisk)
    - Surat Resmi pembukaan Loket PPOB
    - Sudah termasuk Ongkos kirim paket ke alamat anda.


    Tipe 2: Rp. 265.000 ( TANPA DONGEL)

    - CD Program Aplikasi Loket+ Panduan
    - Banner
    - Sudah termasuk Ongkos kirim paket ke alamat anda.
    - Mendapatkan ID, paswword
    - Kode Security minta setiap hari ke sms center.(cukup 1 kali aja pagi hari)
    Tipe 3: Rp. 150.000 ( TANPA DONGEL)
    - Aplikasi loket dikirim ke email Anda, Lalu Anda Download dan Install
    - Panduan aplikasi dikirim ke email Anda
    - Mendapatkan ID, paswword
    - Kode Security minta setiap hari ke sms center.(cukup 1 kali aja pagi hari)

    Biaya pendaftaran ditransfer ke salah satu Bank registrasi di bawah ini.

    Bank Registrasi/Pendaftaran:
    Untuk pembayaran pendaftaran bisa ke salah satu rekening bank kami:
    -BCA 1880339288 an. Sultoni
    -BNI no. 016 487 2963 an. Sultoni
    -Bank Mandiri no. 1400011264679 an. Suji Kurniasih
    -BRI no. 002 6010 2903 5509 an. Suji Kurniasih

    Konfirmasikan dengan SMS ke 081703357075:
    MITRAFP#nama#jumlahtransfer#bank_tujuan#tgl

    Misal: MITRAFP#ahmad#350000#BCA# 1 jan 2012

    BalasHapus
  12. Mas padahal kipas angin saya mengalami kerusakan yang sama dengan artikel di atas, tetapi setelah saya otak atik, malah kipas angin saya mati. Mungkin mas bisa memberikan solusi yang lain ? Terima kasih,

    BalasHapus

Siapapun boleh komen disini, pilih Name/URL...Oke bos!